Menu Click to open Menus
Home » Gunung Kidul » Studi Banding Dewan PENGUPAHAN GUNUNGKIDUL Ke Karanganyar

Studi Banding Dewan PENGUPAHAN GUNUNGKIDUL Ke Karanganyar

(1503 Views) Februari 26, 2013 1:27 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Studi Banding Dewan PENGUPAHAN GUNUNGKIDUL Ke Karanganyar

Pada tanggal 14-15 2013 Februari lalu Dewan pengupahan Gunungkidul melakukan studi banding ke karanganyar dan diteruskan rekreasi ke Tawangmangu. Kegiatan studi banding ini menggunakan dana dari APBD yang sudah dianggarkan oleh pemerintah daerah. Tim terdiri dari ketua dan anggota dewan pengupahan dan dua orang wartawan dari harian Kedaulatan Rakyat dan Sorot Gunungkidul (media daring). Rombongan sejumlah  15 orang berangkat dari kantor dinas tenaga kerja Wonosari menggunakan bis pariwisata.

Rombongan dari Gunungkidul ini sampai di Karanganyar dan diterima oleh tim Dewan pengupahan Karanganyar  yang terdiri dari 20 orang. Pertemuan dengan Dewan pengupahan Karanganyar ini diselenggarakan di ruang pertemuan kantor dinas tenaga kerja setempat. Kepala  Dinas tenaga kerja Karanganyar menyambut kedatangan rombongan dari Gunungkidul dengan mengucapkan selamat dating.

Acara dilanjutkan dengan dialog dan perkenalan dari kedua belah pihak. Unsur Apindo dan serikat pekerja juga turut hadir dalam pertemuan tersebut. Dari Apindo Karanganyar ada Bapak Edi Darmawan (Ketua), Darmanto, dan Bapak Roni. Sementara dari unsure serikat pekerja juga ada  dari DPC SPN dan KSPI.

Karanganyar merupakan daerah industri yang memiliki 400 perusahaan dari berbagai bidang. Namun sebagai daerah industri UMK justru lebih kecil dibandingkan dengan Gunungkidul. UMK Karanganyar adalah 896.000 sementara Gunungkidul UMKnya 945.000. Hal ini juga dipertanyakan oleh Pat Madyana dari DP Gunungkidul, mengapa bisa begitu. Edi Darmawan menjelaskan UMK dihitung dari item yang ada di peraturan menteri. Dari item tersebut harga-harga ada yang lebih mahal atau lebih murah. Misalnya untuk barang kebutuhan yang berasal dari produksi pabrik, di Karanganyar harganya mungkin lebih murah karena ongkos transportasi bisa ditekan. Karena hal itulah maka UMK Karanganyar bisa lebih rendah.

Setelah melakukan studi banding di Karanganyar rombongan DP Gunungkidul melanjutkan perjalan ke Tawangmangu untuk rekreasi. Rombongan mengunjungi Candi Sukuh dan TWA Tawangmangu. Rombongan kembali ke Gunungkidul tanggal 15 Februari 2013 keesokan harinya.

Categorised in: