Menu Click to open Menus
Home » Provinsi DIY » Rapat Koordinasi Apindo DIY: Peran Apindo di Pendidikan Vokasi

Rapat Koordinasi Apindo DIY: Peran Apindo di Pendidikan Vokasi

(141 Views) Agustus 1, 2019 12:42 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Rapat Koordinasi Apindo DIY: Peran Apindo di Pendidikan Vokasi

Pengurus Apindo DIY menyelenggarakan Rapat Kerja Koordinasi Propinsi (Rakerkonprop) yang berlangsung di Hotel LPP Yogyakarta pada tanggal 24 Juli 2019. Raker ini dihadiri oleh seluruh pengurus DPK dan DP Kota Apindo se-DIY dari 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya.

Pengurus Apindo DIY Berfoto Setelah Rakerkonprop

Seluruh peserta berjumlah kurang lebih 35 orang.

Buntoro sebagai Ketua DPP Apindo DIY memberikan sambutan pada acara ini. Secara singkat Buntoro memberi ilutrasi mengenai permasalahan produksifitas. Misalnya kebutuhan mebel sekolah di seluruh Indonesia jika dihitung senilai kurang lebih 1 trilyun per tahun. Kebutuhan tersebut bisa dipenuhi mebel impor dari Cina karena harganya masuk. Namun dengan memenuhi dari impor maka tidak akan berdampak pada industri di dalam negeri. Jika dipenuhi sendiri mampukah para pengrajin memenuhi kebutuhan tersebut.

https://drive.google.com/file/d/111opggogZlXktOx5_Vy_rizZ_WMtZ__L/view?usp=sharing

Para Pengurus Apindo DIY

Kemampuan ini menyangkut soal kompetensi teknis, manajemen waktu dan permodalan. Soal kompetensi inilah yang memunculkan kebutuhan pendidikan vokasi. MAK sebaga perusahaan ekspor sudah memulai dengan membuat konsep ekosistem bisnis untuk mendukung bisnis utamanya. Saat ini di MAK didirikan ATMA sebagai lembaga pendidikan, beberapa bisnis komponen, industri untuk mendukung pakaging plastik, cor dan lain sebagainya. Industri ini ternyata memunculkan peluang baru bagi UKM lokal. Misalnya dengan adanya industri kemasan plastik,  dan paking plastik maka beberapa UKM berani mengembangkan industri pupuk cair. Industri Pupuk cair muncul karena ada dukungan kemasan dari MAK.

Setelah sambutan dari Buntoro dilanjutkan diskusi per bidang kepengurusan di Apindo DIY yang meliputi bidang kesekretarian dan organisasi, HI/Advokasi,Pariwisata dan UMKM.

https://drive.google.com/file/d/1QdMMGW1WaPyi6Bl8FoxlXAmnirVDX11-/view?usp=sharing

Beberapa rencana disusun dengan hasil sebagai berikut :

Rencana Bidang:Pendidikan Vokasi bertujuan membangun, meningkatkan ekosistem bisnis untuk segala usaha  baik melalui pendidikan formal dan informal (training melalui praktik dunia usaha mapan bagi pelaku-pelaku bisnis awal agar bisa berkembang.)

  • Kesekretariatan: KTA, rumah WEB, sasaran: anggota apindo. (Heru T: akan menyiapkan manual untuk memaksimalkan web)
  • Organisasi: penguatan organisasi dengan gathering, mendorong peningkatan hubungan dengan instansi kedinasan terkait: Ketenagakerjaan, Perindagkop, Investasi, sasaran: penguatan jejaring instansi
  • HI dan Advokasi: penguatan tripartite dan pengupahan-menghadapi perubahan PP78, sasaran: anggota dewan
  • Diklat:penguatan SDM bersertifikat QHSE dan Manajemen Risiko bekerjasama dengan Accelera (yang sudah berizin), dan Peningkatan Produktivitas bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja (Sigit). Sasaran: anggota, dunia usaha. Output: kuantitas dan kualitas SDM, RP, anggota baru, instansi.
  • UMKM: peningkatan daya saing (manajemen¬† kualitas material, kemasan, proses, branding, pemasaran), kerjasama dengan DPN, dan bekerjasama dengan Adityawarman. Sasaran UMKM menengah; output: produk berkualitas dan berdaya saing.
  • Kepariwisataan: Seminar; peningkatan SDM perhotelan, restoran, produk UMKM (pemagangan-pendidikan vokasi). Sasaran: masyarakat pariwisata dan pelaku pariwisata. (peningkatan jumlah dan kualitas SDM)

Kegiatan raker diakhiri dengan makan siang bersama dalam suasana yang akrab dan kekeluargaan.