Menu Click to open Menus
Home » Gunung Kidul » Pemantauan Pemberian THR Keagamaan

Pemantauan Pemberian THR Keagamaan

(1521 Views) Juni 16, 2017 1:01 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Pemantauan Pemberian THR Keagamaan

Seperti pada tahun-tahun yang lalu, setiap Bulan Ramadhan ini sebagian besar masyarakat Indonesia turut merayakannya. Momen Ramadhan tahun ini sekaligus bertepatan dengan liburan kenaikan sekolah, sehingga bagi keluarga-keluarga banyak biaya yang harus dikeluarkan. Tradisi mudik atau pulang kampung juga akan menguras banyak biaya walaupun akan membawa kebahagiaan tersendiri.

IMG-20170616-WA0010

IMG-20170616-WA0011

Pemerintah melalui Peraturan Menaker nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan mengatur beberapa hal, antara lain bahwa pemberian THR wajib diberikan kepada pekerja /buruh yang telah bekerja 12 bulan terus-menerus atau lebih. Bila masa kerja kurang dari 12 bulan maka hendaknya diberikan secara proporsional. Besarnya THR ini adalah 1 kali gaji, atau proporsional bila belum memenuhi 12 bulan.

IMG-20170616-WA0005

Bupati Gunungidul  menerbitkan Surat Edaran tanggal 6 Juni berkaitan dengan pemberian THR tersebut. Apindo selaku wadah bagi pengusaha di Gunungkidul mendukung langkah pemerintah ini demi terwujudnya hubungan industrial yang harmonis. Bupati menuliskan bagi perusahaan yang telah menetapkan besaran nilai THR di dalam perjanjian kerja (PK), Peraturan Perusahaan (PP) dan perjanjian Kerja Bersama (PKB) besarnya lebih dari peraturan pemerintah maka diminta tetap meneruskan kebiasaan tersebut.

IMG-20170616-WA0018

Sunyoto (55) pemilik Rumah Makan Tiwi Tan Tlogo mengatakan, THR bagi karyawannya sudah diberikan pada tanggal 14 Juni 2017.  Agar tidak terlalu terasa membebani perusahaan Sunyoto meminta kepada kasirnya untuk menyisihkan pendapatan setiap harinya untuk dikumpulkan sebagai tabungan THR karyawan.

Pemantauan THR di Indomaret

Pada 15 Juni lalu tim Dinas Tenaga Kerja juga melakukan pemantauan pemberian THR Keagamaan. Tim ini beranggotakan unsur pemerintah, SPSI dan Apindo. Perusahaan yang di pantau adalah sampel saja dari ratusan perusahaan di Gunungkidul. Jumlah perusahaan yang dipantau oleh tim ada 14 perusahaan yaitu Toko Amigo, Bank Daerah Gunungkidul, PT. Malindo Gunungkidul, RS Pelita Husada, PT Komitrando, SPBU Sapit Urang, Toko Mulya Jaya, BPR Danagung Ramulti, PT SGI Gading, SPBU Sambipitu, Sambipitu Mall, RS Nur Rohmah, BPR Bhumi Karya Pala, dan KPRI Sambipitu.

Secara umum perusahaan-perusahaan tersebut sudah memberikan THR kepada karyawannya dengan besar sesuai ketentuan pemerintah. Para pemilik atau pihak manajemen perusahaan semuanya menyanggupi untuk memberikan THR.

 

unduh dokumen pers release : http://www.apindodiy.or.id/pers-release-thr-2017-2/

Tags: ,
Categorised in: