Menu Click to open Menus
Home » Gunung Kidul » Kilas Balik Perjalanan Apindo Gunungkidul

Kilas Balik Perjalanan Apindo Gunungkidul

(623 Views) Mei 2, 2012 10:59 am | Published by | 1 Comment

Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) merupakan organisasi profesional yang beranggotakan pengusaha, koperasi, perorangan yang mempunyai kepedulian atau menjalankan suatu usaha. Organisasi ini menjalankan kegiatannya secara profesional untuk mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan dalam dasar-dasar organisasi. Apindo juga merupakan organisasi resmi yang memiliki Anggaran rumah tangga dan anggaran dasar. Keberadaan Apindo ini diakui oleh pemerintah dan menjadi mitra dalam berbagai kegiatan misalnya penetapan Upah Minimum dan penyelesaian sengketa antara pengusaha dan pekerja. Maka dapat dikatakan eksistensi Apindo di suatu daerah adalah hal yang sangat strategis dalam rangka mewujudkan iklim usaha yang kondusif dan membantu pemerintah menyelesaiakan permasalahan dalam bidang ketenagakerjaan.

Untuk mencapai visi dan misinya tiap Dewan Pengurus Apindo di daerah menjalankan program kerja yang diamanatkan dalam sidang musyawarah anggota. Program kerja ini dijalankan oleh pengurus harian dan bidang di tiap-tiap daerah sehingga kepengurusan yang solid yang kuat menjadi syarat membentuk Apindo yang kuat.

Dewan Pengurus Kabupaten Apindo Gunungkidul telah berakhir masa kepengurusannya pada tahun 2010. Selama periode kepengurusan 5 tahun tersebut telah menjalankan program kerja dan bermitra dengan pemerintah, yaitu Dinas Sosnakertrans, dan organisasi lain, Misalnya Serikat Buruh/Pekerja.

Permasalahan yang menonjol pada waktu itu adalah adanya 2 kepengurusan yaitu versi Dewan Pengurus Propinsi dan versi Depnaker (sekarang Sosnakertrans). Masing-masing ketua di 2 versi Apindo ini telah bersepakat untuk membentuk Apindo yang solid di periode tahun berikutnya. Kesadaran ini diwujudkan dengan menyepakati untuk membentuk kepengurusan secara bersama-sama melalui mekanisme yang sesuai dengan AD/ART organisasi. Susunan pengurus yang baru sudah berhasil dibentuk untuk masa bakti 2011-2015.

Pengurus baru ini dilantik oleh Dewan Pengurus Propinsi pada tanggal 12 Maret 2011 bertempat di Rumah Sleman. Semua pengurus harian pada waktu itu bisa menghadiri acara pengukuhan, sementara untuk bidang-bidang hanya sebagian yang bisa hadir.

 

 

Categorised in: