Menu Click to open Menus
Home » Gunung Kidul » Katamata Coffee: Roastery Pertama di Gunungkidul

Katamata Coffee: Roastery Pertama di Gunungkidul

(354 Views) April 6, 2019 7:22 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Katamata Coffee: Roastery Pertama di Gunungkidul

 

Akhir-akhir ini budaya ngopi di Indonesia mulai menjadi trend dan bagian dari lifestyle. Banyak kedai kopi yang menyeduh kopi asli mulai bermunculan dari model gerobak keliling hingga cafe specialty. Tidak terkecuali di Gunungkidul. Dua tahun terakhir ini banyak kedai kopi bermunculan terutama di kota-kota kecamatan. Kedai kopi atau cafe tidak lagi hanya menjadi tempat nongkrong yang nyaman, tapi juga menyediakan seduhan kopi asli dengan berbagai metode brewing.

 

Namun dari banyaknya kedai kopi di Gunungkidul, Katamata Coffee menjadi salah satu kedai kopi yang memproses kopinya secara mandiri. Kedai kopi ini menjadi roastery pertama di Gunungkidul bahkan mungkin hingga saat ini Katamata Coffee merupakan satu-satunya roastery di Wonosari. Katamata Coffee beralamatkan di Jalan Wonosari-Karangmojo Km.2, Selang 4, Selang, Wonosari, Gunungkidul. Tepatnya 300 meter sebelah timur perempatan ringroad Selang(Jl. Karangmojo). Katamata Coffee berdiri sejak 1 Maret 2016 dan mulai membuka roastery setahun setelahnya, tepatnya bulan Mei 2017.

Katamata Coffee memperoleh berbagai jenis green bean atau kopi kering mentah dari berbagai daerah. Terdapat lebih dari 20 jenis kopi yang dapat dinikmati atau dipesan dari kedai kopi ini. Tidak hanya kopi nusantara, tapi juga kopi import dapat dipesan dan dinikmati baik di kedai maupun dibawa pulang untuk dinikmati di rumah. Update stock dari kedai ini dapat dilihat di website http://katamata.biz.id/stock-kopi. Metode manual brewing di kedai ini juga bervariasi, mulai dari brewing standar seperti true brew dan V60 hingga espresso based .  Yang menarik, kedai ini juga menyediakan jasa roasting, jadi siapa saja yang memiliki biji kopi mentah, dapat diproses di kedai ini agar bisa dinikmati di rumah.

Katamata coffee diawali dengan konsep gerobak angkringan yang menyediakan seduhan kopi asli. Hingga tahun selanjutnya, Katamata Coffee mulai membuka roastery. Pada awalnya Katamata Coffee meroasting kopi hanya untuk kebutuhan kedai. Hal ini untuk menjaga kestabilan kualitas biji kopi sekaligus untuk selalu menyediakan kopi fresh di kedai. Namun pada akhirnya banyak orang yang menitip roasting kopi, sehingga Katamata Coffee mulai menyediakan jasa roastery.  

Katamata Coffee adalah salah satu dari banyak kedai kopi yang menyediakan olahan biji kopi asli dan menjadi roastery pertama di Gunungkidul. Hal ini menunjukkan bahwa kedai ini sangat cocok bagi teman-teman yang ingin menikmati sajian kopi asli sekaligus belajar tentang kopi. Karena di kedai ini tidak hanya menyeduh kopi, namun juga memberikan edukasi kopi kepada konsumen. Jadi yang ingin belajar atau ingin lebih tahu tentang kopi, silahkan mampir di kedai Katamata Coffee.

 

Katamata Coffee

Jl. Karangmojo km.2, RT.01/04, Selang 4, Selang, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta 55851

Website: http://katamata.biz.id

Telp/SMS/WA: 087838867966

Instagram: @katamata_coffee

Gmap: Katamata Coffee & Roastery (https://goo.gl/maps/NtLq6o6jcHS2)

 

Categorised in: