Menu Click to open Menus
Home » Provinsi DIY » Formula Upah Minimum 2016

Formula Upah Minimum 2016

(818 Views) Oktober 17, 2015 2:42 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Formula Upah Minimum 2016

Formula Upah Minimum 2016

 

Memasukan minggu kedua Oktober ini pasti akan seru pembahasan mengenai upah minimum seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Menurut ketentuan Undang-undang no 13 tahun 2003 memang pemerintah harus memutuskan mengenai upah minimum ini di bulan November.  Dewan pengupahan yang selama 9-10 bulan ini sudah survey kebutuhan hidup layak akan merekomendasikan kepada Bupati/Walikota mengenai besaran Upah minimum. Kemudian keputusan mengenai UM ini dikeluarkan oleh Kepala Daerah.

Namun di tahun 2016 formula UM akan berubah. Jika sebelumnya berdasarkan KHL pada tahun sebelumnya, maka di tahun 2016 akan mengacu pada PP terbaru mengenai pengupahan.  berdasarkan paparan IR. Dinar Titus dari Kemnaker (16 Oktober 2015) bahwa akan ada formula baru mengenai UM ini.

Beberapa hal yang menjadi kebijakan pemerintah adalah sebagai berikut :

  1. Penetapan UM dilakukan setiap tahun berdasarkan kebutuhan hidup layak dan dengan memperhatikan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi.
  2. Penetapan UM dihitung dengan menggunakan formula perhitungan Upah Minimum.
  3. Ketentuan lebih lanjut mengenai perhitungan Upah Minimum dengan menggunakan formula diatur dengan Peraturan Menteri
  4. Upah Minimum yang akan ditetapkan adalah upah minimu tahun berjalan ditambah dengan hasil perkalian antara Upah Minimum  tahun berjalan dengan penjumlahan  tingkat inflasi tahun berjalan dan tingkat pertumbuhan ekonomi nasional tahun berjalan.

 

 

Tags:
Categorised in: