Menu Click to open Menus
Home » Gunung Kidul » Daya Saing Indonesia Meningkat

Daya Saing Indonesia Meningkat

(723 Views) Agustus 20, 2015 4:10 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Daya Saing Indonesia Meningkat

Survai Daya Saing Usaha kerjasama ACI Singapura dengan APINDO DIYAsian Competitiveness Institute (ACI) sebagai bagian dari National University of Singapure secara berkala mengadakan survai daya saing. Pada tahun 2015 ini adalah kali ketiga lembaga yang dinaungi oleh Lee Kuan Yew School of Public Policy melakukan survai di Indonesia.

Keerangka survai yang dilakukan oleh ACI melalui pendekatan metodelogi kerangka daya saing yang telah dikembangkan mereka. Paradigma daya saing secara keseluruhan dipecah menjadi 4 bagian yaitu :

  1. Kualitas hidup dan Pembangunan Infrastruktur (25%);
  2. Stabilitas Ekonomi Makro (25%);
  3. Perencanaan Pemerintahan dan Institusi (25%); dan
  4. Kondisi Finansial, Bisnis dan Tenaga Kerja

Hasil Penelitian ditahun 2000 dan 2012 menunjukan bahwa PDB Indonesia masih “dikuasai” oleh Pulau Jawa yaitu, 60 dan 58 %, disusul pulau-pulau lain (Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Bali-Nusa Tenggara, dan Maluku-Papua). Hal ini menggambarkan masih ada kesenjangan pembangunan yang sangat besar antara Jawa dengan pulau-pulau lainnya.

Sementara itu, indek daya saing Indonesia diperingkat ke 5 dari 10 negara di ASEAN. Daya saing global Indonesia meningkat dari peringkat 50 menjadi 38. (HERU TRICAHYANTO)

Categorised in: ,