Menu Click to open Menus
Home » Gunung Kidul » Dari Lokal go Online

Dari Lokal go Online

(653 Views) September 26, 2012 2:01 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Dari Lokal go Online

Sebagai pengusaha tingkat lokal tentu saja ada kenginan agar bisnis berkembang dan bisa diketahui oleh banyak orang. Tetapi untuk pengembangan bisnis ini pengusaha mikro dan menengah terkendala banyak hal dan yang paling umum adalah keterbatasan dana.  Untuk mengembangkan bisnis agar lebih luas tentu diperlukan sarana atau infrastruktur.  Bila untuk membuka cabang di luar kota belum memungkinkan, untuk saat ini sarana yang paling memungkinkan ada melalui solusi teknologi informasi.

Mengapa teknologi  bisa menjadi yang paling memungkinkan? Dari segi biaya bisa jadi cara ini paling murah dibandingkan dengan promosi lewat pameran atau membuka suatu cabang di luar kota. Lalu bagaimana caranya? Tentu ada berbagai cara untuk mengabarkan usaha kita kepada khalayak ramai.

Media sosial yang saat ini sudah menjadi prasyarat  pergaulan maya seperti facebook dan twitter bisa menjadi sara untuk promosi bisnis. Banyak orang bisa membuktikan  dengan memajang foto-foto produk dan cara transaksi. Untuk langkah lebih lanjut pengusaha biasanya juga membutuhkan web sehingga calon klien bisa mempelajari lebih lanjut model bisnis atau produk. Strategi web murah bisa melalui Blogspot atau wordpress atau bisa juga ikut promosi beberapa penyedia web promosi. Di Indonesia saat ini sudah ada beberapa web untuk promosi secara gratis diantaranya www.indonetwork.co.id, tokobagus.com, berniaga.com dan bekas.com misalnya. Yahoo juga menyediakan multiply.com untuk promosi.

Beberapa cara di atas mungkin bisa ditempuh oleh para pengusaha agar bisnisnya semakin diketahui banyak orang. Dan yang jelas untuk awalnya hampir tanpa biaya sama sekali.

Kesulitan yang kedua seperti di masalah sumber daya manusia yang memahami teknologi informasi bisa dijembatani melalui bergabung dengan komunitas atau asosiasi seperti Apindo.

Ditulis oleh : Heru Tricahyanto

Categorised in: