Menu Click to open Menus
Home » Gunung Kidul » Galeri UMKM » Bisnis di Bidang Pangan : Tetap Hidup dan Banyak Dibutuhkan di Masa Pandemi ini

Bisnis di Bidang Pangan : Tetap Hidup dan Banyak Dibutuhkan di Masa Pandemi ini

(650 Views) Mei 2, 2020 5:10 pm | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Bisnis di Bidang Pangan : Tetap Hidup dan Banyak Dibutuhkan di Masa Pandemi ini

Situasi krisis akibat pandemi Covid-19 yang puncaknya diperkirakan antara Mei-Juli 2020 ini, merontokkan hampir semua kegiatan usaha. Namun ada beberapa peluang bisnis yang tetap akan hidup karena kebutuhannya selalu ada dan meningkat, bisnis tersebut adalah :

  • Bidang pangan
  • Bidang Energi
  • Bidang Teknologi Informasi

UKM yang terdampak covid-19 ini menyikapi dengan cerdik, dengan beriklan produk makanan melalui  media sosial.
Seperti yang dilakukan akun FB Ahid Thok ini mempromosikan produk sate kere. Harga per perporsi sangat murah, hanya 6.000 saja, dan melayani pengantaran di seputar Wonosari Gunungkidul.

Slamet Harjo yang pernah menjadi anggota DPR Propinsi dari Partai Golkar, mengembangkan bisnisnya di bidang percetakan digital.  Dia sudah memiliki banyak kolega, walaupun begitu tidak segan memanfaatkan facebook untuk mengiklankan usahanya. “Tetap berusaha agar bisnis jalan terus, sehingga tidak perlu merumahkan karyawan”, ungkapnya secara tertulis.

 

Siasat cerdik juga dilakukan akun fb  Retno, yang beberapa waktu lalu tempat usaha suaminya tutup lantara Covid-19. Majikan barbershop tempat suami bekerja tidak berani buka, lalu terbersit ide untuk melayani potong rambut dengan mendatangi ke tempat pelanggan. “Iklannya lewat whatshapp dan facebook,alhamdullilah setiap hari ada permintaan 2-5 untuk potong rambut laki-laki”, katanya.

Setiap orang memilik daya adaptasi secara alami, dan UKM terlihat lebih luwes menyikapi keadaan. Selalu berusaha agar tetap berjalan, walaupun perlahan karena pembatasan sosial dan fisik.

Yang dilakukan Siwin ini juga menarik, yaitu mengiklankan madunya di grup Seputar bisnis di facebook. Cara ini  justru bisa meraih pelanggan baru di sekitar Gunungkidul.

Yang terpenting dalam situasi seperti ini adalah bertahan agar tidak tutup dan ada pemasukan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok keluarga.

Sembari berharap pandemi segera berlalu.

Categorised in: ,