Menu Click to open Menus
Home » Provinsi DIY » Apindo Mengusulkan Meninjau Ulang Program Kartu Pra Kerja

Apindo Mengusulkan Meninjau Ulang Program Kartu Pra Kerja

(504 Views) Mei 2, 2020 12:33 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Apindo Mengusulkan Meninjau Ulang Program Kartu Pra Kerja

Ketua Apindo Sleman mengusulkan bantuan blt tunai bagi buruh.Munculnya silang pendapat Pro dan kontra muncul saat dibukanya kesempatan bagi 5.6jt masyarakat yang terdampak Covid-19 untuk memperoleh kartu Pra Kerja, hal ini membuktikan bahwa aturan ini belum memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat. Program Kartu Pra Kerja ini yang pada kondisi normal adalah untuk meng-upgrade keterampilan para pencari kerja, kemudian dalam keadaan darurat diperluas cakupannya.
Kompas, 30 April 2020 menuliskan bahwa setiap pemegang kartu Pra kerja berhak mendapatkan insentif enam ratus ribu rupiah per bulan selama empat bulan yang diteriakan setelah yang bersangkutan mengikuti pelatihan daring (online) senilai Rp.1juta. Biaya pelatihan 1 juta ini dibayarkan oleh pemerintah dalam bentuk deposit ke masing-masing peserta lalu bisa dipakai membayar pelatihan lain yang diselenggarkan oleh vendor training tersebut. Ada 8 lembaga pelatihan yang bekerjasama dengan pemerintah untuk menyelenggarakan pelatihan daring tersebut.
Meskipun demikian, Hermelin Yusup, SH, Ketua Apindo Kabupaten Sleman, berpendapat usaha pemerintah dengan Kartu prakerja perlu diapresiasi. “Memang belum menjawab kebutuhsn masyarakat terutama ini bagi para pekerja yang mengalami PHK. Dan bagi pekerja yang dirumahkan”, katanya. Tidak dipungkiri memang kemampuan pekerja soal literasi teknologi informasi berbeda-beda, “ Tidak semua pekerja mahir IT’” tambahnya. Selain itu ada beberapa persyaratan administrative yang tidak bisa dipeunih misalnya ktp sdh mati.
Lebih lanjut Ketua Apndo Sleman mengusulkan agar Pemda perlu mendukung dengan memberikan Bantuan Langsung Tunai, karena hal itulah yang dibutuhkan pekerja saat ini

Categorised in: ,