Menu Click to open Menus
Home » Provinsi DIY » Apindo DIY Cegah Perselisihan Karyawan-Pengusaha

Apindo DIY Cegah Perselisihan Karyawan-Pengusaha

(1347 Views) Mei 4, 2016 12:41 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada Apindo DIY Cegah Perselisihan Karyawan-Pengusaha

YOGYA (KRjogja.com) – Perselisihan antara karyawan dan pengusaha masih akan terus terjadi, ketika ada perbedaan pendapat soal hak dan kewajiban. Tak jarang penyelesaiannya menemui jalan buntu dan berlarut-larut hingga merugikan kedua belah pihak.

f708e4596eeab522adc68c5048ad2e1d

Ketua Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DIY Buntoro mengatakan, perselihan antara karyawan dan pengusaha sering berakhir dengan kesedihan. Supaya hal itu tidak terjadi, maka dibutuhkan kearifan dalam memutuskan perselisihan tersebut.

“Pengusaha tidak boleh menang sendiri dan harus mendudukkan masalah di level yang setingkat,” kata Buntoro saat pembukaan Forum Konsolidasi dan eksaminasi Nasional bertema ‘Hukum Acara Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dalam Teori dan Praktik’ di Hotel Cakra Kusuma, Jl Kaliurang 25 Depok Sleman.¬† Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari, 9-12 September 2014 ini dihadiri oleh hakim-hakim Adhoc PHI (Ketenagakerjaan), ketua Tim Advokasi Apindo dan ketua-ketua DPP Apindo seluruh Indonesia.

Menurut Buntoro, selain kompeten, seorang pengusaha atau hakim AdHok harus memiliki integritas, sifat rendah hati dan murah hati. Dengan adanya sifat-sifat itu, seorang pemimpin atau pengambil keputusan akan mau melakukan pendekatan ke semua pihak. Dengan demikian, meskipun keputusan yang diambil tetap tidak bisa adil, tapi minimal bisa memnuhi harapan kedua belah pihak. (M-2)

Categorised in: