Menu Click to open Menus
Home » Provinsi DIY » APINDO DIY BEKERJASAMA DENGAN CAREFOUR JOGJA

APINDO DIY BEKERJASAMA DENGAN CAREFOUR JOGJA

(1552 Views) November 5, 2015 12:55 am | Published by | Komentar Dinonaktifkan pada APINDO DIY BEKERJASAMA DENGAN CAREFOUR JOGJA

image

Membicarakan Umkm menang menarik karena hampir 90% usaha di DIY masuk pada kategori ini. Dari sudut pandang pemberdayaan ekonomi juga menarik, karena hampir semua UMKM berusaha mandiri tanpa merepotkan pemerintah. Jadi bila UMKM berkembang pemerintah akan diuntungkan karena dari sisi peningkatan pajak penghasilan dan terserapnya tenaga kerja. 
Namun keberadaan UMKM ini perlu didukung agar kegiatan usahanya bisa berlanjut. Ada banyak kendala yang dihadapi usaha yang baru tahap rintisan atau yang sudah berjalan lama tetapi dengan manajemen tradisional. Salah satunya adalah akses pasar yang sempit dan terbatas.
Untuk itulah APINDO DIY mencoba kesenjangan ini dengan menggandeng Carefour Jogja. Jaringan toko ritel yang dimiliki Chairul Tanjung ini memang menyediakan tempat untuk memajang produksi UMKM. Untuk menjadi pemasok Carefour menawarkan tahapan, dari non pemasok melalui kegiatan bazaar, pojok rakyat sampai menjadi pemasok.
Tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi pemasok. Maka uji coba yang ditawarkan pertama kali adalah melalui kegiatan bazaar rakyat. Melalui Apindo DIY ,UMKM dijanjikan mendapatkan tempat untuk memajang hasil produksinya secara gratis.
Lebih lanjut Kristin bagian buyer menjelaskan mengenai prosedur untuk bergabung menjadi pemasok Carefour. Antusiasme para usahawan ini terlihat saat sesi tanya jawab. Rupanya kesempatan yang akan diberikan kepada UMKM Apindo DIY ini disambut dengan semangat. Bahkan semua yang hadir di pertemauan tanggal 4/11 tersebut sumah membawa contoh produk. Pihak buyer Carefour pun menanggapi antusiasme pengusaha Umkm ini dengan mengevaluasi produk yang dibawa. Ada yang berpotensi menjadi pemasok namun ada juga yang belum bisa.
Namun untuk mengikuti kegiatan bazaar semua produk yang dibawa bisa diikutkan.
Selanjutnya pengurus Apindo diminta untuk melanjutkan pembicaraan mengenai rencana teknis pelaksanaan bazaar ini dengan City manager, Pak Wawan.

Tags:
Categorised in: